Advertiser

Your Ad Here

Struktur Pasar

Pasar persaingan sempurna
Terjadi jika para produsen secara individual di pasar tidak bisa
mempengaruhi harga.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
1. jumlah pembeli dan penjual banyak
2. produk yang homogen
3. adanya kebebasan keluar masuk pasar (baik sumber daya maupun
pelaku pasar).
4. tersedianya informasi yang sempurna
penentuan harga pasar dijelaskan dengan kurva permintaan industri secara
total,yang mana merupakan suatu penjumlahan kuantitas hilang produk yang
akan dibeli secara individual pada masing-masing tingkat harga. Selain itu
harga pasar juga dapat ditentukan dengan menggunakan kurva penawaran
industri yang merupakan penjumlahan kuantitas produk yang akan dijual
perusahaan secara individu pada tingkat harga yang berbeda. Nantinya
perpotongan antara kurva penawaran dan permintaan industri akan
menentukan harga pasar.
Pada pasar ini pelaku bertindak sebagai Price taker. Dengan kondisi
pendapatan laba akan terpenuhi secara minimum pada saat QD = QS
 Pasar Monopoli
Adalah dimana dalam satu pasar dikuasai oleh satu orang penjual.
Dalam pasar monopoli terdapat halangan masuk bagi pendatang pelaku baru.
Halangan tersebut terdiri dari :
1. Halangan legal.
Muncul karena adanya hak paten yang dimiliki oleh produsen.
2. Economics Scale
Adanya keadaan perkembangan perekonomian yang mengalami
perkembangan.
3. Kendali monopolis atas sumber daya penting.
Biasanya dilakukan untuk sumber daya vital yang menyangkut
kepentingan hidup orang banyak, biasanya dilakukan oleh pemerintah.
Salah satu hal yang sering terjadi adalah diskriminasi harga,dibedakan menjadi 2 :
1. penetapan harga yang berbeda-beda untuk para pembeli barang yang
sama.
2. penetapan tingkat harga dimana perbandingan antara harga dan MC
berbeda-beda diantara para pembeli.
Tujuan dan manfaat diskriminasi harga agar memungkinkan monopolis untuk
memperoleh penerimaan yang lebih banyak daripada yang dapat diperolehnya
jika hanya menggunakan harga tunggal.
 Pasar Monopolistik
Adalah salah satu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang
menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam memiliki dalam
beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas namun setiap
produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang
membedakannya dengan produk lain.
asumsi dari pasar monopolistik :
1. Setiap perusahaan dalam menentukan keputusannya tidak tergantung
pada perusahaan lainnya,karena itu setiap perusahaan menganggap
bahwa harga-harga pesaing,iklan dari pesaing tidak berbeda dengan
tindakannya sendiri. Oleh karen itu perubahan harga oleh suatu
perusahan dianggap tidak akan mempengaruhi perusahaan lain untuk
beraksi mengubah harga-harga mereka.
2. jumlah perusahaan dalam suatu industri sangat banyak dan semuanya
memproduksi produk dasar yang sama. Namun demikian asumsi
bahwa produk adalah homogen sempurna dihilangkan, setiap
perusahaan dianggap mampu untuk membedakan produknya paling
tidak dalam beberapa tingkat atau derajat dari produk-produk
perusahaan saingannya.
Dalam persaingan monopolistik sejalan dengan waktu persaingan jangka
panjang akan banyak perusahaan yang akan memasuki pasar. Jika semakin
banyak perusahaan yang memasuki industri tersebut dan menawarkan barang
pengganti yang sangat dekat (tetapi tidak sempurna) maka pangsa pasar dari
perusahaan yamg pertama akan menurun.
 Pasar Oligopoli
Dimana terdapat sedikit perusahaan, produksi barang yang homogen
dan terstandarisasi.
Perusahaan yang memproduksi yang sama saling melengkapi. Contoh :
Persaingan dalam industri mobil, antara honda, Suzuki Toyota.
Persaingan dalam industri rokok kretek (Bentoel, Djarum)
Pasar duopoli adalah sebuah bentuk khusus dari pasar oligopoli dimana hanya
ada 2 perusahaan yang menghasilkan sebuah produk tertentu yang bersifat
homogen dalam satu pasar.
Penentuan harga dalam pasar oligopoli harga yang ditetapkan oleh perusahaan
pasaing adalah variabel yang konstan. Jika suatu perusahaan mengubah harga
yang ditetapkannya maka perusahaan lainnya akan bereaksi pula dengan
mengubah harga-harga mereka.
Terbentuknya kartel dalam suatu pasar oligopoli akan sangat menguntungkan
jika beberapa perusahaan bersatu dan menentukan harga sehingga bisa
memaksimalkan laba industri secara keseluruhan.
Jenis-jenis pasar oligopoli
1. pasar oligopoli murni
2. pasar oligopoli dengan pembedaan (differensiasi oligopoli)
kebaikan pasar oligopoli :
1. adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi
2. persaingan diantara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi
konsumen dalam hal harga dan kualitas barang.
Kelemahan pasar oligopoli :
1. dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar
karena adanya skala ekonomis yang telah diciptakan perusahan
sehingga sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke pasar.
2. apabila terhadap perusahaan yang memiliki hak paten atas sebuah
produk, maka tidak memungkinkan bagi perusahaan lain untuk
memproduksi barang sejenis.
3. perusahaan yang memiliki pelanggan setia akan menyulitkan
perusahaan lain untuk menyainginya.
4. adanya hambatan jangka panjang seperti pemberian hak waralaba oleh
pemerintah sehingga perusahaan lain tidak bisa memasuki pasar.
5. adanya kemungkinan terjadinya kolusi antara perusahaan di pasar yang
dapat membentuk monopoli atau kartel yang merugikan masyarakat.
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar