Advertiser

Your Ad Here

Piala Sudirman Tetap di China

Minggu, 17 Mei 2009 | 23:48 WIB

GUANGZHOU, Kompas.com - Juara bertahan sekaligus tuan rumah China meraih Piala Sudirman untuk ketujuh kalinya setelah pada final mengalahkan Korea Selatan 3-0.

Bermain di hadapan sekitar 10.000 pendukungnya di Guangzhou Gymnasium, Minggu malam, China memastikan poin kemenangna melalui ganda campuran, tunggal putera dan ganda putera.

Di partai pertama, ganda campuran dadakan, Zheng Bo/Yu Yang secara mengejutkan mengalahkan juara Olimpiade Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung 18-21, 21-19, 21-16.

Yu Yang mengaku terkejut saat mengetahui ia akan dipasangkan dengan Zheng Bo pada pertandingan final karena belum pernah berpasangan dengan dia dan belum pernah main bareng dalam pertandingan. Ia mengatakan, kekalahan pada game pertama disebabkan karena mereka terlalu banyak melakukan kesalahan.

Sementara Zheng Bo mengaku ia dipilih karena lebih berpengalaman dibanding He Hanbin, sehingga meskipun ia belum pernah berpasangan dengan Yu yang, itu tidak menjadi masalah. "Untuk memenangi pertandingan, kerjasama bukan hal yang utama, yang paling penting adalah kemampuan masing-masing pemain," ujar Zheng Bo usai pertandingan. Baginya, merebut angka pertama sangat penting.

Pemain tunggal putra Lin Dan yang tidak pernah absen memperkuat tim China sejak kompetisi dimulai, menyumbang angka kedua bagi tim yang menjuarai dua turnamen terakhir, 2005 dan 2007, dengan menumbangkan Park Sung Hwan 21-14, 21-18.

Juara Olimpiade Beijing itu mengatakan ingin memenangi pertandingan demi timnya. "Saya senang bermain di negara sendiri. Saya mampu bermain dnegan baik, meski kadang terburu nafsu ingin menyelesaikan pertandingan," katanya.

Ganda putra Fu Haifeng/Cai Yun memenangi pertarungan ketat melawan pasangan Jung Jae Sung/Lee Yong Dae untuk memastikan kemenangan China yang ketujuh kalinya pada Piala Sudirman.

Pasangan yang merebut game pertama itu, bangkit setelah kehilangan game kedua dan tertinggal 16-18 untuk menyamakan kedudukan 19-19 dan memenangi pertandingan 21-14, 17-21, 21-19.

"Penampilan tim malam ini sangat bagus, meskipun Korea juga bagus. Tetapi pada ganda campuran dan ganda putra kami ketat meskipun kami sedikit lebih baik dan dapat memanfaatkan itu untuk menang," kata manajer tim China Li Yongbo usai pertandingan.

Selain pengalungan medali kepada tim China yang meraih medali emas, Korsel medali perak serta perunggu bagi Indonesia dan Malaysia yang kalah di semifinal, pada kesempatan yang sama pebulutangkis China Lin Dan menerima trofi sebagai pemain terbaik 2008. (Ant/Livescore/AP)

Hasil pertandingan final:
Ganda campuran: Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung [KOR]-Zheng Bo/Yu Yang [CHN] 21-18 19-21 16-21 Tunggal putera: Sung Hwan Park [KOR]-Dan Lin [CHN] 14-21 18-21 0-1
Ganda putera: Jung Jae Sung/Lee Yong Dae [KOR]-Cai Yun/fu Haifeng [CHN] 14-21 21-17 19-21 Tunggal puteri: Hwang Hye Youn [KOR]-Wang Yihan [CHN) tidak dimainkan
Ganda puteri: Lee Kyung Won/Lee Hyo Jung [KOR]-Jing Du/Yu Yang [CHN] tidak dimainkan
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar