Advertiser

Your Ad Here

Kampanye Dimulai, yang Tak Siap Bersiap Tiarap

http://www.kompas.com/data/photo/2009/05/16/1157486p.jpg

JAKARTA, KOMPAS.com — Kampanye pemilu presiden dan wakil presiden baru dimulai Selasa (2/6) ini hingga 4 Juli. Namun, hawa panas "peperangan" sudah terasa sejak dua pekan belakangan ini. Pengamat politik, Bima Arya Sugiarto, mengatakan, publik akan disuguhkan suasana pertarungan yang berbeda pada 2009 ini.

Bima melihat, persaingan antarcalon akan diwarnai dengan "perang" statement, wacana, dan citra. "Artinya, siapa yang tidak siap dengan strategi yang rapi akan kedodoran," kata Bima sebelum debat publik antartim sukses tiga pasangan capres, Selasa di Jakarta.

Tim sukses, ujar Bima, harus menunjuk beberapa juru bicara dan akan berbicara di wilayah yang dibatasi secara tegas. "Juru bicara itu masing-masing ada wilayah isu, wilayah rambahan terkait segmen, batasan mana yang boleh mana yang tidak, isu apa yang mau dinaikkan, dikendalikan, dan sebagainya," kata dia.

Pengaturan ini, menurutnya, akan menghindari adanya slip of tongue yang terakhir dilakukan anggota tim sukses SBY-Boediono, Ruhut Sitompul. Bima mengatakan, tim sukses juga perlu mengatur isu yang akan digulirkan sehingga tidak menjadi blunder dan menyentuh wilayah sensitif, seperti isu SARA.

Semakin kerasnya "perang" wacana, citra dan ideologi, dalam pandangan Bima karena setiap pasangan mulai memberikan garis tegas atas posisi dan ideologinya.
Label: edit post
1 Response
  1. Anonim Says:

    bener


Posting Komentar